Thursday, 4 May 2017

Kenapa harus LPDP?



LPDP? Apa itu ya?

Serius belum tahu? Soalnya, ini beasiswa yang trending di Indonesia saat ini. Tapi don’t worry, Better late than never, kan? Jadi simak baik-baik sampai akhir. Siapa tahu kamu lucky man selanjutnya yang akan masuk sebagai jajaran awardee of LPDP.


LPDP adalah Lembaga Pengelola dana Pendidikan. Program beasiswa LPDP ditujukan untuk mencetak pemimpin dan profesional Indonesia di masa depan. Ada beberapa jenis beasiswa yang disediakan LPDP: beasiswa magister, doktor, tesis/ disertasi, spesialis kedokteran, dan afirmasi.

Hampir semua field of study masuk dalam bidang keilmuan yang disupport LPDP, dari teknik, eksak, sampai sosial agama.

Beasiswa ini dibuka sepanjang tahun. Kalo untuk 2017, jadwalnya berikut ini:

Beasiswa lain kan banyak, kenapa harus LPDP sih? Nah ini,  simak ya apa saja keuntungan jadi awardee LPDP

 1. Daftar kampus di dalam dan luar negeri. LPDP tidak hanya menyediakan biaya studi ke kampus dalam negeri, tapi juga luar negeri. Woww...

       2. Beasiswa penuh, ini sudah pasti ya gaes. So, pembiayaan studi LPDP meliputi biaya pendaftaran, biaya studi atau tuition fee, biaya tugas akhir dan biaya buku pertahun. Selain itu ada biaya kedatangan, biaya hidup bulanan, biaya hidup keluarga yang diajak, biaya kesehatan, dan biaya lain tak terduga yang disetujui. Siapa yang gak mau, coba?

         3. Beasiswa lanjutan. Bagi awardee S2 yang hendak melanjutkan S3, bisa lho... ada prosedurnya sih, tapi kan gak harus ngulang seleksi lagi dari awal. Enak kan?

   4. Pembinaan. Jadi sebelum sah jadi keluarga baru LPDP, setiap awardee harus mengikuti pembinaan yang namanya persiapan keberangkatan alias PK. Kegiatan di dalamnya mantep bangeeet. PK didesain supaya setiap awardee bisa kumpul dan main-main bareng dengan tokoh nasional dan calon tokoh nasional. Iya kan, secara terpilih jadi awardee LPDP  berarti negara udah mempercaya untuk jadi calon pemimpin Indonesia masa depan. Pengenggak sih?

    5. Jaringan alumni. Jaringan ini dikelola oleh Mata Garuda yang merupakan organisasi ikatan alumni awardee LPDP (cek di www.matagaruda.co.id).

   6. Katanya sih, awardee atau alumni LPDP memiliki hak sebagai prioritas penerima program hibah penulisan buku, hibah penelitian dari LPDP, juga sebagai prioritas penerima program pendanaan seminar/training nasional ataupun internasional. Weeeww...

     dan lain-lain, yang cuma bisa kamu rasakan kalo sudah jadi awardee LPDP betulan.

Gimana Gaes, menarik nggak? Biar gak kepo, langsung cus ya ke http://www.lpdp.kemenkeu.go.id.  Silakan diubek infonya. Kompliiit. Untuk daftar online dan download beberapa ketentuannya, kunjungi


10 comments:

  1. Mantaaab kak hiday ... semoga berikutnya aaraa bisa jadi keluarga LPDP hihihi

    ReplyDelete
  2. S2 atau nikah ya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  3. Doakan saya, Mbak Hiday; jadi awardee selanjutnya ♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin, selamat berjuang, Shofia

      Delete
  4. Akhir-akhir ini saya kepikiran untuk lanjut S3. Sedang cari info beasiswa juga.

    TUlisan ini membuat saya bertambah pilihan untuk ambil beasiswa dimana. Makasih ya mbak. Doakan saya bisa lanjut kuliah dengan biaya dari pemerintah atau sponsor.. hehehe

    Bang Syaiha

    ReplyDelete
  5. Selamat Mencoba, bang Syaiha

    ReplyDelete
  6. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete